Search This Blog

Monday, September 22, 2014

PENJELASAN BIAYA DAN BANK YANG MENGGUNAKAN LOGO ATM LINK, PRIMA

PENJELASAN BIAYA DAN BANK YANG MENGGUNAKAN LOGO ATM LINK, PRIMA & BERSAMA

 Untuk postingan saat ini, saya akan menjelaskan tentang perubahan/kenaikan untuk transaksi yang biasa di lakukan di mesin ATM yang berlogo LINK, BERSAMA ataupun PRIMA. Menurut surat POJK No 1/POJK.07/2013 tentang perlindungan konsumen sektor jasa keuangan, pasal 12 ayat 2, bahwa bank harus menginfokan setiap perubahan (biaya, resiko, manfaat dll)kepada konsumen/nasabah paling lambat30 hari kerja sebelum berlakunya perubahan tersebut maka telah disepakati oleh bank2 anggota dari jaringan LINK, PRIMA, atau BERSAMA,Bahwa akan ada rencana kenaikan fee transaksi ATM kerjasama yang sebelumnya diberlakukan per 1 Oktober 2014, diundur menjadi 1 November 2014. Adapun penyesuaian tarif biaya transaksi sbb:

1.Transaksi Tarik tunai/trf : Di ATM berlogo LINK, BERSAMA dan PRIMA, sebelumnya dikenakan biaya 5000 rupiah per trx, pd tgl 1 November akan naik menjadi 7.500 rupiah sekali transaksi.

 2. Transaksi Cek Saldo: untuk informasi saldo, di ATM yang berlogo LINK, BERSAMA dan prima, yg sebelumnya dikenakan biaya 3.000 rupiah per trx, akan naik menjadi 4.000 rupiah per sekali cek saldo

3.Transaksi Saldo tidak cukup: untuk trx ini, tidak ada perubahan untuk ATM yang berlogo LINK dan PRIMA tidak ada perubahana yaitu FREE O F CHARGE ( tdk ada by), sedangkan atm berlogo BERSAMA berubah dari 1.500 ke 3.000

 4. Transaksi ditolak: untuk transaksi ini,atm yang berlogo LINK & BERSAMA, tdK mengalami
perubahan yaitu FREE OF CHARGE,Tetapi itk atm berlogo PRIMA mengalami perubahan dari
2.000 menjadi 2.500 rupiah per transaksi.


 Dibawah ini adalah daftar BANK yang menggunakan jaringan kerjasama LINK, PRIMA ataupun BERSAMA

 1. BANK YANG BELOGO ATM LINK/BERSAMA/PRIMA: BNI, BRI,Mandiri,Permata,BII, BTN, Cimb Niaga, Ocbc NISP, Rabo Bank, BJB, Bank DKI,Bank Mayapada, Bank Jateng, Bank Jatim,Bank Ekonomi, Bank Muamalat, B.Sinarmas, BTPN, BRI Syariah, BSM, B.Commonwealth, Bank Pundi, B.Nagari,BPD Kaltim, BUKOPIN, BPD DIY, BPD Sulsel, Bank Riau, ANZ Panin, Bank UOB Indonesia.

 2. BANK YANG HANYA BERLOGO ATM BERSAMA SAJA: DANAMON, PANIN Bank,
Citibank, HSBC, Bank DBS, Bank Capital, BPD Jambi, BPD Aceh, Bank Lampung , BPD Kalsel,
Bank Sumut, , Bank Ganesha B.Kesawan, B.Swadesi, B.Mestika, Bank NTB, Bank NTT, Bank Saudara, BJB Syariah, B.Buniputra, Bank Jasa Arta, Bank Index, Bank Mayora, Bank Nobu, Bank Ina.

 3. BANK YANHG HANYA BERLOGO ATM PRIMA BCA, Bank Artha Graha, Bank Of Tokyo, Bank Anda, Bank Bumi Artha, Bank Maspion, Bank BNP Paribas,Bank Jasa Jakarta, Bank Windu Kentjana, Bank Royal Indonesia, Bank Hana, Bank SBI, BCA Syariah, Bank Agris, Chinatrust.

 Demikian lah informasi ini saya buat, semoga bermanfaat buat teman2 semua. Apabila ada yang
ingin bertanya , boleh kontak saya:
  INFO KONTAK 
 Dwi Hartyo
 E-mail: happyhartoyo@gmail.com 
No Telp: 083872004414

No comments:

Post a Comment